Pria ini Tewas ‘Dipatil’ Ikan Lele, Bagaimana Bisa?

a d v e r t i s e m e n t

Seorang nelayan di Virginia meninggal setelah ‘dipatil’ ikan lele, yang ternyata mengandung bakteri pemakan daging.

cucok.com – Sungut ikan lele ternyata bisa sangat berbahaya. Charlie Horner, nelayan di Mechanicsville, Virginia, Amerika Serikat tidak tertolong setelah kakinya ‘dipatil’ ikan lele hingga terluka.

Pria ini Tewas Dipatil Ikan Lele

a d v e r t i s e m e n t

Tanpa diduga, patil ikan lele itu ternyata mengandung salah satu bakteri pemakan daging yang disebut dengan vibrio vulnificus. Bakteri itu memang hidup di sungai air tawar.

Hanya dalam hitungan hari semenjak dipatil, Horner mengalami infeksi dari luka  di kakinya dan menyebar ke seluruh tubuhnya. Dokter yang akhirnya melakukan amputasi pada kakinya, ternyata tidak berhasil menolong Horner karena bakteri telah menggerogoti seluruh tubuhnya.

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat menyebut angka kematian akibat infeksi bakteri ini sangat tinggi, hingga 50 persen. Setiap tahunnya, setidaknya ada hampir 100 kasus kematian akibat bakteri pemakan daging ini di Amerika.

Bakteri vibrio vulnificus berkembang di sungai tawar pada musim panas antara bulan Juli dan Agustus. Michelle Stoll, juru bicara dari Virginia Departmen of Health mengatakan jika setelah masuk ke sungai Anda merasakan demam tinggi (tanda adanya infeksi) kemudian menggigil disertai muntah-muntah dan diare terus menerus, segera kunjungi dokter karena bisa jadi Anda terinfeksi bakteri pemakan daging tersebut.

a d v e r t i s e m e n t